latihan soal keseimbangan lingkungan untuk smk kelas 12

hai bertemu lagi dengan saya, semoga kalian dalam keadaan sehat wal'afiat pasti kalian sekarang lagi berada di sekolah yah... :D mudah2an kalian semangat ya kawan sekolah nya :* kali ini saya akan berbagi soal untuk kalian melakukan latihan-latian terutama untuk kelas 12 dalam menghadapi Ujian Sekolah ya... dan mudah2an bermanfaat nya kawan :*. dan untuk post sekarang kita membahas soal lingkungan ya, untuk itu coba kalian save datanya ya di computer kalian supaya bisa untuk dipelajari dalam menghadapi ulangan harian kalian.

latian soal tentang keseimbangan lingkungan dan AMDAL


Latihan Soal dan Pembahasannya
1.      Kemampuan alam untuk dapat mendukung kelangsungan hidup makhluk hidup yang berada di dalamnya disebut …
a.       Daya dukung lingkungan                            d. Daya pulih lingkungan
b.      Daya lenting lingkungan                                e. Daya kooperatif lingkungan
c.       Daya tamping lingkungan
2.      Lingkungan dapat kembali ke keadaan seimbang setelah mengalami gangguan atau kerusakan. Kemampuan ini disebut …
a.       Daya dukung lingkungan                               d. Daya pulih lingkungan
b.      Daya lenting lingkungan                             e. Daya kooperatif lingkungan
c.       Daya tamping lingkungan
3.      Organisme yang biasanya ditemukan pada daerah yang mengalami suksesi primer adalah …
a.       Lumut kerak                                                d. Pohon jati
b.      Pohon cemara                                                 e. Pohon yang tidak terlalu tinggi
c.       Perdu
4.      Komunitas yang dihasilkan dari peristiwa suksesi disebut …
a.       Komunitas konstan                                        d. Komunitas sekunder
b.      Komunitas suksesi                                         e. komunitas klimaks
c.       Komunitas primer
5.      Bila salah satu jenis populasi tumbuhan dalam suatu ekosistem hutan dimusnahkan, maka …
a.       Tidak terjadi perubahan apapun pada ekosistem hutan
b.      Semua populasi tumbuhan pada ekosistem akan punah
c.       Keseimbangan ekosistem hutan tertanggu
d.      Tidak ada spesies hewan yang punah
e.       Semua herbivora akan kehilangan sumber makanan
6.      Saling ketergantungan antara komponen biotik dan abiotik dapat terlihat pada …
a.       Penguraian senyawa nitrogen organik oleh pengurai menjadi ammonia sehingga dapat sumber mineral oleh tumbuhan
b.      Pelapukan batuan selama bertahun-tahun karena pengaruh kelembapan udara, suhu, dan intensitas cahaya.
c.       Kompetisi antara sapi dan kambing untuk mendapatkan rumput di satu lahan perternakan
d.      Interaksi antara bunga dan lebah
e.       Meningkatnya jumlah karbon dioksida akibat aktivitas industri manusia
7.      Berikut ini yang bukan merupakan dampak negatif eksploitasi berlebihan pada suatu ekosistem adalah …
a.       Introduksi spesies asing
b.      Fragmentasi dan degredasi habitat
c.       Meningkatnya keanekaragaman organisme
d.      Beberapa spesies menjadin resisten
e.       Berkurangnya sumber daya alam terbaharui
8.      Bila kadar CO2 dalam suatu ekosistem menurun, maka organisme yang pertama kali menerim dampak negatifnya adalah …
a.      Herbivora                                                       d. Produsen
b.      Karnivora                                                       e. Dekomposer
c.       Konsumen                             
9.      Keseimbangan lingkungan dapat terganggu karena adanya proses alam. Berikut ini proses alam yang dapat mengganggu keseimbangan lingkungan, kecuali
a.      Banjir bandang akibat penebangan hutan liar
b.      Pergeseran lempeng bumi yang menyebabkan gempa bumi atau tsunami
c.       Serangan parasite, penyakit, atay hama pada suatu wilayah tertentu
d.      Perubahan cuaca yang cepat dan ekstrim yang menyebabkan badai
e.       Letusan gunung berapi
10.  Populasi eceng gondok meledak karena di Indonesia tanaman tersebut tidak memiliki predator alami. Peristiwa tersebut merupakan contoh dari …
a.       Fragmentasi dan degradasi habitat
b.      Introduksi spesies asing
c.       Resistensi spesies
d.      Menurunnya keanekaragaman organisme
e.       Variasi genetik
11.  Populasi spesies hama yang resisten pada pestisida dapat mendominasi pada lahan yang sering diberikan pestisida …
a.       Hama memiliki sistem tubuh yang berubah-ubah
b.      Populasi yang tidak kebal telah terbunuh
c.       Hama memiliki sayap dan dapat terbang
d.      Hama memiliki tubuh yang kecil
e.       Ekosistem sawah berubah-rubah
12.  Berikut ini yang bukan merupakan contoh kerugian akibat penebangan hutan secara liar adalah …
a.       Berkurangnya daerah resapan air
b.      Hilang dan rusaknya habitat berbagai jenis hewan dan tumbuhan
c.       Menurunkan persediaan air tanah
d.      Mengurangi wilayah hutan yang dapat dimanfaatkan
e.       Mengurangi ketersediaan tanaman obat
13.  Untuk menjaga keseimbangan lingkungan, penggunaan bahan- bahan kimia dalam rumah tangga harus dikurangi karena …
a.       Mahal                                                 d. Mencemari Lingkungan
b.      Tidak diperlukan                                e. tidak bia diperbaharui
c.       Mudah terbakar
14.  Upaya menjaga lingkungan merupakan upaya kolektif karena …
a.       Tidak perlu peran serta pemerintah
b.      Menjaga lingkungan tidak bias dilakukan oleh individu
c.       Membutuhkan biaya yang mahal
d.      Butuh pengawasaan dan tindakan hokum yang tegas
e.       Dampak dari kerusakan lingkungan dirasakan oleh masyarakat luas
15.  Berikut ini upaya untuk menjaga keseimbangan lingkungan di ekosistem hutan, kecuali
a.       Reboisasi                                            d. Illegal logging
b.      Tebang pilih                                       e. Tidak membakar hutan
c.       Mencegah peburuan hewan
16.  Berdasarkan PP Nomor 27 Tahun 1999, pasal 3, ayat (1), uasaha dan/atau kegiatan yang dapat menimbulkan dampak besar dan penting, yaitu …
a.       Usaha dan/atau kegiatan yang tidak menimbulkan pencemaran
b.      Usaha dan/atau kegiatan yang tidak mempengaruhi kelestarian lingkungan
c.       Usaha dan/atau kegiatan yang memberikan manfaat bagi manusia
d.      Usaha dan/atau kegiatan yang mengubah bentuk lahan dan bentang alam
e.       Usaha dan/atau kegiatan yang berlangsung dipermukiman penduduk
17.  Dampak penting adalah …
a.      Terjadinya perubahan lingkungan hidup yang sangat mendasar yang diakibatkan oleh suatu kegiatan atau proyek
b.      Dampak di luar proyek yang tidak terlalu berpengaruh terhadap lingkungan hidup
c.       Tidak terjadi dampak serius bagi lingkungan dan masyarakat sekitar
d.      Dampak yang timbul sebelum proyek diperjalankan
e.       Terjadinya perubahan lingkungan hidup akibat pemanasan global
18.  Berikut ini pedoman untuk menentukan dampak penting, kecuali
a.       Jumlah manusia yang terkena dampak
b.      Jumlah gedung yang rusak akibat dampak
c.       Lamanya dampak berlangsung
d.      Intensitas dampak
e.       Luas wilayah persebaran dampak
19.  Kegiatan AMDAL sebelum pelaksanaan pembanngunan perlu dilakukan untuk …
a.       Memperbaiki lingkungan
b.      Menanggulangi pencemaran lingkungan yang telah terjadi
c.       Merusak liingkungan
d.      Mencemari lingkungan
e.       Menjaga kelestarian lingkungan
20.  Lapangan golf, rumah sakit, dan sekolah merupakan contoh jenis usaha dan/atau kegiatan dengan pendekatan studi AMDAL …
a.      Kegiatan tunggal
b.      Kegiatan terpadu atau multisektor
c.       Kegiatan regional
d.      Kegiatan bermanfaat
e.       Kegiatan global
21.  Komisi penilai AMDAL pada tingkat pusat dibentuk oleh …
a.       Presiden                                             d. Gubernur
b.      Wakil presiden                                   e. Menteri
c.       MPR dan DPR
22.  Berikut ini yang bukan merupakan komponen dokumen AMDAL adalah …
a.       KA-ANDAL                                     d. KA-RKL
b.      ANDAL                                             e. RPL
c.       RKL
23.  Di bawah ini merupakan fungsi dan tujuan dibuatnya KA-ANDAL, kecuali
a.       Merumuskan ruang lingkung dan kedalam studi ANDAL
b.      Mengarahkan studi ANDAL agar berjalan secara efektif dan efisien
c.       Sebagai alternatif berdirinya suatu usaha
d.      Sebagai rujukan penting bagi pemrakarsa
e.       Sebagai salah satu bahan rujukan bagi penilai dokumen ANDAL untuk mengevaluasi hasil studi ANDAL
24.  Pembuatan dokumen ANDAL, RKL dan RPL dibuat …
a.       Secara terpisah                                  
b.      Secara bersamaan dan berkesinambungan
c.       Setelah proyek berjalan
d.      Setelah komisi penilai memberikan keputusan
e.       Saling berdiri sendiri dan tidak berhubungan
25.  Rona lingkungan hidup awal, prakiraan dampak besar, dan dampak penting terdapat dalam dokumen …
a.       KA-ANDAL                                     d. ANDAL
b.      RKL                                                   e. KA-AMDAL
c.       RPL
26.  Komponen-komponen yang diukur dalam rona lingkungan hidup awal diantaranya adalah …
a.      Komponen fisik, biologi, dan sosial-budaya
b.      Komponen fisik saja
c.       Sebagian komponen biologi dan sosial-budaya
d.      Komponen-komponen yang membahayakan proyek
e.       Komponen-komponen lingkunga hidup meliputi ekosistem
27.  AMDAL sebagai alat pengambil keputusan tentang kelayakan lingkungan dari suatu rencana usaha dan/atau kegiatan merupakan manfaat AMDAL bagi …
a.       Pemrakarsa                                         d. Masyarakat
b.      Pemerintah                                       e. Penyusun
c.       Pelaksana
28.  Di dalam proses pelaksanaan AMDAL, tahap persiapan bertujuan untuk …
a.       Mengidentifikasi dampak penting yang terkait dengan kegiatan usaha yang terkait dengan kegiatan usaha
b.      Efektivitas dan efesiensi proses pelaksanaan selanjutnya
c.       Menentukan lingkup masalah
d.      Melakukan AMDAL sesuai prosedur
e.       Menghindari hal-hal yang tidak diinginkan
29.  Yang bukan aspek sosial yang ditelaah dalam ANDAL adalah …
a.       Sosial-ekonomi                                               d. Sosial-budaya
b.      Demografi                                                      e. Kesehatan masyarakat
c.       Geografi
30.  Metode yang dapat dilakukan untuk mengukur aspek sosial adalah …
a.       Inventarisasi                                                   d. Belt transect
b.      Wawancara, kuesioner                                e. Mengamati jejak di hutan
c.       Analisis laboratorium



untuk itu saya butuh saran dari kalian dan masukan untuk memperbaiki kedepannya silahkan kalian tulis ya di kolom komentar nya :D

selamat berjuang kawan dalam sekolah nya :*

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "latihan soal keseimbangan lingkungan untuk smk kelas 12"

Posting Komentar